Ide Bisnis Online yang Patut Dicoba Mahasiswa

Mencoba menjadi pebisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja, termasuk oleh seorang mahasiswa. Apakah kamu termasuk kalangan mahasiswa yang ingin coba membuka atau menjalankan bisnis milikmu sendiri? Kamu sudah datang ke tempat yang tepat!

Seperti yang bisa kamu rasakan sendiri, jadwal seorang mahasiswa tidak sepadat jadwal seorang siswa pada bangku SMA. Maka dari itu, banyaknya waktu luang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mencoba hal baru, misalnya berbisnis. Bisnis yang dimaksud di sini bukan dalam skala yang masif, ataupun yang membutuhkan modal besar. Dengan bekal waktu luang, keahlian dan kecermatanmu dalam mengatur semuanya, kamu juga sudah bisa menjajal profesi pebisnis selama mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan.

7 ide bisnis online untuk mahasiswa

Pada kesempatan ini, kami akan membantumu dengan memberikan 7 ide terbaik bisnis online yang patut dicoba oleh kalangan mahasiswa. Ketujuh referensi ini dijamin tidak menyita banyak waktumu, tetapi tetap bisa menghasilkan keuntungan. Penasaran? Terus membaca, ya!

  1. Jasa desain grafis

Kamu merasa memiliki kecakapan yang lebih di bidang desain grafis? Inilah saatnya untuk membuat bakat dan minatmu itu komersial dengan mengubahnya menjadi bisnis. Terlepas dari latar belakang pendidikanmu, keahlian desain grafis sangat dibutuhkan selama menjadi mahasiswa, lho, jadi kamu bisa membuka bisnis jasa ini dan menerima banyak pekerjaan.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu bahkan tidak membutuhkan modal. Cukup siapkan perangkat yang mendukungmu bekerja, dan kamu sudah siap untuk menerima permintaan desain grafis yang menguntungkan dari berbagai kalangan klien.

  1. Jasa penulis

Tidak jauh berbeda dengan ide bisnis jasa desain grafis, ide kali ini juga tidak mengharuskanmu mengeluarkan biaya sebagai modal awal. Bahkan, kamu hanya perlu memanfaatkan perangkat dan koneksi internet yang ada untuk dapat menyelesaikan pekerjaan ringan yang cukup menghasilkan ini. Guna dapat menjalankan peranmu sebagai mahasiswa maupun pemilik bisnis ini dengan lancar, pintar-pintarlah untuk membuat jadwal, atau hanya sediakan jasa penulis dengan sistem paruh waktu jika kamu bergabung dengan kelompok atau agensi tertentu.

  1. Jasa penerjemahan

Dewasa ini, tuntutan yang diberikan kepada seorang mahasiswa cukup beragam, misalnya kemampuan dalam berbahasa asing secara fasih. Sebenarnya, hal ini ada untungnya ketika kamu bisa menjadikan keahlian berbahasanmu menjadi jasa penerjemahan yang menjanjikan. Keperluan menerjemahkan sesuatu juga sangat tinggi di luar sana, maka dari itu posisimu sebagai penerjemah handal dapat menjadi ladang bisnis berbasis digital yang digandrungi. Kamu cukup menawarkan kemampuan berbahasamu, lalu kerjakan proyek yang kelak kamu terima.

  1. Jadi blogger

Nyatanya, kamu bisa menerima penghasilan dari kegiatanmu mengisi blog dengan tulisan atau karyamu lainnya. Yang perlu diingat sedari awal adalah komitmenmu dalam memberikan blog yang memang layak untuk dikomersialkan, hingga menerima iklan. Dengan mengelola blog secara telaten, kamu bisa menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber, misalnya dari lapak jual-beli atau pemasangan iklan di lamanmu itu. Selain meluangkan waktu untuk mengelola blogmu, sempatkan pula untuk mempelajari perihal cara beriklan melalui blog, ya.

  1. Jadi content creator

Istilah influencer tentu sudah familiar di kalangan mahasiswa sepertimu. Popularitas ide bisnis ini memang tak main-main karena prosesnya yang relatif mudah, namun tetap dapat menghasilkan sejumlah keuntungan. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi di masa ini, kamu bisa menjadi seorang content creator, atau endorser dan influencer, dengan memanfaatkan aksesmu di dunia maya. Misalnya, kamu bisa menjadi Youtuber, atau pengiklan di Instagram.

Referensi untuk kontennya sendiri bisa kamu cari di laman internet. Jika ditekuni dengan baik, profil dan konten Youtube-mu bisa menghasilkan komisi yang menguntungkan, atau kamu bisa meraih popularitas di kalangan pebisnis lainnya untuk diajak kerja sama.

  1. Reseller atau Dropshipper

Hal lain yang erat kaitannya dengan sebuah bisnis online adalah pihak-pihak yang terlibat untuk membantu setiap prosedur yang ada. Jika kamu pernah mengamati pengalaman berbelanja online-mu, kamu tentu bisa menemukan pihak yang berperan sebagai reseller, dropshipper atau distributor. Mereka yang menjajal profesi ini tetap mendapat keuntungan dari keseluruhan bisnis, meskipun tidak sepenuhnya memiliki bisnis tersebut. Kamu juga bisa mengambil porsi dari peran-peran tersebut, yang dengan menjadi perantara antara pemilik bisnis dan calon pembelinya.

  1. Jasa titip pembelian barang

Terakhir, ide bisnis online lain yang bisa kamu jajaki adalah jastip, atau jasa titip. Ketika kamu berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh orang-orang di sekitarmu, jadikan pengalamanmu untuk lahan bisnis dengan menawarkan mereka titipan pembelian barang. Tipsnya, mintakan DP terlebih dahulu untuk menjaga pembelimu tidak kabur. Nantinya, kamu tinggal membelikan barang sesuai keinginan mereka atau apapun yang bisa kamu belikan untuk mereka. Terdengar simpel, tapi menyenangkan, bukan?