Cara Sukses Berbisnis lewat Instagram

Dewasa ini, penggunaan media sosial mulai merambah ke sektor bisnis dan industri, selain fungsi utamanya sebagai sarana berkomunikasi secara digital oleh para penggunanya. Pada dasarnya, kemampuan media sosial dalam menghadirkan sarana berbagi informasi sudah sepatutnya digunakan untuk kebutuhan lain selain berinteraksi. Tak terkecuali di Indonesia, para pebisnis telah menaikkan permainannya dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram, sebagai media utama berjualan dan mengumpulkan target pasar.

Sebagai referensi, jumlah pengguna aktif media sosial Instagram telah tercatat mencapai angka 1 miliar jiwa di seluruh dunia. Itu berarti, paparan konten bisnis seseorang bisa mencapai audiens secara masif, namun praktis, dan kemungkinan untuk terjadinya transaksi untuk suatu bisnis semakin terbuka lebar tanpa adanya batasan waktu dan wilayah. Anda juga tentu setuju bahwa fasilitas yang ditawarkan Instagram sudah sangat lengkap untuk keperluan berbisnis, mulai dari aksesibilitas, hingga adanya fitur lengkap untuk komponen audio maupun visual.

Cara sukses berbisnis lewat Instagram

Sayangnya, dengan banyaknya kelebihan yang mampu ditawarkan oleh media sosial yang satu ini, cara berbisnis seseorang masih bisa tergolong tidak efektif jika ia juga tidak menerapkan strategi yang tepat.

Simak cara sukses untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan media sosial Instagram berikut ini!

  • Menentukan audiens secara spesifik

Sebelum melakukan tindakan selanjutnya, cara pertama untuk sukses berjualan di Instagram dimulai dengan menentukan audiens dengan baik, yaitu dengan memilih golongan secara spesifik. Pahami karakteristik bisnis Anda, dan tentukan golongan orang seperti apa yang kiranya tepat untuk dijadikan target. Nantinya, bukan tidak mungkin Anda mengubah pengikut menjadi pembeli karena branding yang tepat sasaran dan cocok dengan kondisi pasar itu sendiri.

  • Membuat akun Instagram bisnis

Berbisnis lewat Instagram membutuhkan upaya terstruktur selama prosesnya. Itu berarti, Anda harus mulai memisahkan akun Instagram pribadi dengan akun bisnis. Secara khusus, buatlah akun bisnis di Instagram, dan manfaatkan fitur-fitur spesial yang ditujukan pula bagi para pemilik atau pengelola bisnis. Alternatif lain adalah dengan mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis sebagai lapak berjualan, yaitu dengan memilih opsi ‘Switch to Business Account’.

  • Memberikan konten menarik, informatif dan bermanfaat

Dalam strategi pemasaran, Anda perlu mengetahui adanya teknik hard selling dan soft selling. Sementara Anda tentu akan mengisi laman Instagram Anda dengan konten promosi yang bersifat langsung menyasar pasar dengan bisnis Anda, cobalah untuk memberikan konten-konten lain pula yang bersifat informatif dan bermanfaat secara umum, tetapi tetap relevan dengan branding bisnis Anda. Konten unggahan, variasi konten dan pengaturan jadwal juga perlu diperhatikan berdasarkan jenis bisnis dan audiens Anda.

  • Memanfaatkan komponen lainnya di laman Instagram

Selama menggunakan Instagram, Anda tentu sudah familiar dengan istilah Following, Follower, dan Hashtag.

Pertama, ikuti akun-akun Instagram yang berkaitan dengan bisnis Anda, telah diikuti oleh audiens Anda, atau potensial menjadi audiens dan konsumen Anda nantinya. Kedua, ikuti akun-akun Instagram yang sudah menjadi pengikut Anda. Jika Anda menemukan sesama akun bisnis, ini bisa berguna untuk menambah jumlah pengikut masing-masing, serta meningkatkan kesempatan Anda untuk ditemukan oleh audiens lain. Terakhir, lengkapi unggahan dengan pilihan Hashtag yang mendukung informasi bisnis Anda.

Adakah inspirasi lain untuk dapat meraih kesuksesan dari berbisnis melalui media sosial Instagram? Jangan takut untuk bereksplorasi dengan kemampuan Anda sendiri, dengan tetap coba mempraktikkan cara-cara rekomendasi kami untuk hasil yang maksimal.